Tuesday, July 15, 2008

Programer & Desainer

Program dan Desain adalah 2 unsur yang saling bertentangan. Program merupakan wujud dari rancangan logika-logika, sedangkan desain adalah wujud dari dunia imajinasi atau khayalan yang dituangan ke dunia nyata. Dari sifatnya saja dapat dilihat keduanya sangat bertolak belakang.

Tapi dibalik itu semua ada suatu keterkaitan diantara keduanya, yaitu penciptanya Programer dan Desainer. Mereka saling terkain karena untuk membuat sebuah program yang menarik dibutuhkan desain begitu juga sebaliknya untuk membuat desain yang menarik dibutuhkan sebuah program.

Hal tersebut juga terjadi dalam kehidupan saya. Saya mempunyai teman seorang programer dan saya sendiri adalah seorang desainer. Kami berdua bisa dibilang sangat dekat dan untuk diskusi kami sangat nyambung walau yang kami bicarakan tidak nyambung. Bahkan ada dua Dosen saya yang mempunyai profesi seperti saya dan teman saya, mereka juga sangat terlihat akrab. Dari situ dapat saya amati walau program dan desain bertentangan tapi ada sisi lain yang bisa menyatukannya.

Ada hal yang menarik lagi soal program dan juga desain. Yang menarik adalah programer terkadang tidak pernah cocok sesama programer begitu juga dengan desainer terkadang juga tidak pernah cocok dengan sesama desainer. Hal itu juga pernah saya amati, dimana 2 programmer saling bekerja sama untuk menyelesaikan projeknya tapi malah kacau, soalnya keduanya saling beradu logika saat itu malah sibuk berdebat dari pada buat programnya... toh buang-buang waktu saja.

Desainer juga begitu, saya juga sering mengalaminya.. dimana saya mendesain tapi sebelum desain saya selesai saya sudah dikomentari? Wah bagaimana mau selesai habis masing-masing desainer mempunyai selera yang berbeda. Jadi sibuk ngerubah desainnya dari pada menyelesaikannya..

Jadi dapat disimpulkan juga kalau dimana-mana memang dibutuhkan kesimbangan. Semua tidak bisa hanya dikerjakan dengan persamaan, butuh perbedaan untuk bisa meraih sesuatu yang dasyat. Semuanya memang tidak bisa lari dari kesimbangan. Kelemahan selalu dekat dengan kekuatan, keberanian tak lari dari ketakukan, keburukan selalu dilihat dari kebaikan, keindahan tidak tercipta tanpa kerusakkan yang ingin diperbaiki dan masih banyak lagi yang membutuhkan keseimbangan dibumi ini untuk mendapatkan kesempurnaan.

3 comments:

Ilham said...

iyo bener nder... aku be jugo bingung... kalo designer samo programer tu emang dak pacak samo2 wkwkwkkw

Ackmali@ said...

kerenzzz

muhammad.fajree said...

setuju karena dalam design tidak ada aturan....berbeda dengan programmer