Friday, June 6, 2008

No planning No future

Banyak orang bilang "No planning No future", nggak ada rencana nggak masa depan. Mungkin kata-kata itu benar buat sebagian orang yang telah merencanakan hidupnya? Tapi hal itu tidak berlaku buatku.

Ada yang bilang hidupku harus ada tujuan, dan untuk mencapai tujuan, susunlah rencana yang matang. Sepintas bagiku itu benar, tapi apa yang aku jalani tidak seperti yang aku rencanakan?

Setiap aku merencakan sesuatu untuk kedepannya jarang sekali ada yang bener-bener terwujud. Dulu aku sering merencanakan hidup aku untuk seminggu kedepan, sebulan kemudian, bahkan satu tahun yang akan datang. Tapi semuanya tidak semudah yang telah aku recanakan. Terkadang rencana tidak berjalan sama sekali ataupun putus ditengah jalan.

Apa aku salah tidak merencanakan hidupku? Aku rasa tidak? Sekarang semua yang aku jalani tidak pernah aku recanakan, tapi semuanya berjalan begitu lancar, dan banyak hal-hal yang tidak terduga yang bisa menyempurnakan hidupku. Kenapa aku tidak merencanakan hidupku? Itu karena 1 tahun yang lalu aku membuat sebuah rencana dan setelah 1 tahun aku jalani ternyata yang berjalan tidak sesuai rencana. Oke dipersingkat 1 bulan yang lalu aku merencanakan hidupku kedepannya, tapi setelah 1 bulan berlalu semua rencana tidak berjalan di karenakan waktu dan kondisi yang berbeda. Lebih dipersingkat lagi 1 hari yang lalu aku merencanakan sesuatu, hari ini juga rencana itu bisa berubah... dan itu semua membuat aku kecewa.

Sekarang yang aku lakukan bahkan tanpa rencana, karena aku tidak pernah yakin rencana itu akan kekal, bahkan esokpun semua rencana bisa jadi bencana? Sekarang aku jalani hidupku ini bagai air yang mengalir, tidak perlu rencana, tidak perlu target, dan selalu siap dengan masalah yang bisa saja datangnya sangat mendadak. Dan satu lagi aku yakini rencana Allah jau lebih baik dari semua rencana-rencana yang pernah aku buat, dan selama ini rencana-Nya lah yang membuat aku menjalani hidup ini selalu bersemangat, karena hari esok adalah Rizki buatku tanpa harus berfikir tamak untuk hari setelah esok.

Ada yang bilang mungkin hidupku akan hancur, tapi aku yakin inilah jalanku, dan aku melihat bagaimana Allah menciptakan mahluknya berjalan. Apa bila ia berlari (rencana kedepan), mungkin ia bisa jatuh, terpeleset bahkan langkahnya bisa terhenti (rencana tidak berjalan). Apa bila ia berjalan (tanpa rencana, selalu waspada) mungkin dia bisa berhati-hati dan jarang sekali orang berjalan bisa terjatuh, mungkin juga ia bisa sampai ketujuan dengan selamat (sampai di tujuan dengan rencana yang tak terduga). Dan makna itulah aku akan menjalani hidupi ini selangkah demi selangkah, aku tak akan berlari karena itu melelahkan dan menguras tenaga. Dan apa yang aku jalani saat ini jauh lebih baik dari apa yang pernah aku rencanakan selama ini. :D

No comments: