Friday, December 8, 2006

Cermin

Sebuah benda yang sangat unik, selalu menampilkan bayangan yang ada didepannya sama persis... Cermin. Keunikannya yang lain, cermin bisa dijadikan contoh kehidupan buat manusia. Manusia selalu saja menilai dirinya sendiri itu sempurna, selalu yang lebih baik, tapi dia tidak akan tau seperti apa dirinya yang sebenarnya kalau manusia itu tidak bercermin... Mungkin manusia itu menganggap dirinya paling baik... tapi setelah bercermin dia akan menemukan dimana keburukan yang ada didalam dirinya.. kadang manusia menganggap dirinya sempurna... tapi setelah bercermin dia akan menemukan kecacatan yang dia miliki... bahkan terkadang setelah mengetahui apa yang dimiliki, manusian tidak bisa menerimanya, mungkin cerimin itu dipecahkannya seperti pribahasa "buruk muka cermin dibelah"...

Tampaknya cermin memang berperan penting dalam kehidupan ... semakin sering manusia bercermin, semankin sering dia mengoreksi diri, semakin sering dia melihat kekurangannya, semakin sering dia menilai dirinya... semakin ingin ia merubah diri agar terlihat baik dicermin... Tapi cermin hanyalah pantulan diri manusia... manusia juga harus memilki cermin yang benar - benar bisa berbicara, bisa menilai, bisa memberikan yang terbaik. Cermin itu adalah cermin keluarga, cermin kekasih, cermin sahabat, dan cermin Pecipta, karena hanya cermin - cermin itu bisa menilai kita dengan baik..

Jadilah manusia yang bisa melihat kekurangan diri sendiri sebelum melihat kekurangan orang lain.. dan bercerminlah seperti apa dirimu sebenarnya???

No comments: