Sunday, March 11, 2007

Simple make perfect

Udah lama juga nggak ngobrol bareng Aan. Tapi pas ketemu sama Aan, aku mendapatkan sedikit semangat dari apa yang katakan padaku. Hhhhh (tarik nafas)... Haaah... Aku ini adalah animator yang hampir putus asa. Sehari-hari emang aku mengerjakan animasi, tapi tanpa ada variasi, dan satu kerjaan aku yang aku tagetkan bulan Februari selesai, eh malah nggak kelar-kelar karena nggak ada hiburan yang baru. Tentunya ini bukan hiburan biasa? Hiburan yang aku harapakan adalah melihat animasi-animasi yang baru dengan ke unikan dari para pembuatnya... Tentu saja itu bisa jadi modal dasar untuk membakar semangatku yang udah hampir padam... Ya mungkin aku emang butuh sedikit refreshing.

Dan saat aku kePalcom, aku di perlihatkan oleh Aan gambar-gambar yang unik dan lucu-lucu... Semangatpun kembali timbul... dari gambar-gambar yang aku pandang, khayalanku mulai melanglang buana, seakan-akan aku akan kembali membuat karya yang besar... Emang bener-bener nyenengin juga kalau aku bisa liat sesuatu yang baru. Soalnya selama ini aku mungkin mentok karena aku hanya buat yang itu-itu aja.. dan nggak ada hiburan sama sekali....

Tapi yang lebih membuat aku happy saat itu adalah kata-kata Aan. Saat itu aku cerita sedikit tentang animasi, tapi saat itu Aan bilang "alangkah menyenangkan apa bila kita membuat sesuatu itu dari yang paling sederhana, tapi hasilnya menajubkan"... dari situ aku bisa menangkap pembicaraan Aan... Bener banget apa yang dia katakan.. Andai saja saat ini aku membuat animasi yang simpel yang mungkin tidak terlalu sulit buatku, tapi hasilnya akan lebih enak dilihat dan mungkin mudah dicerna olehku, ketimbang saat ini aku membuat sesuatu yang besar, yang sulit untuk aku kerjakan, yang mungkin memang hasilnya sangat bagus, tapi belum tentu karya tersebut adalah karya yang besar... dan satu lagi kata Aan "Gimana kalau aku membuat sebuat animasi yang sangat bagus, tapi ada animasi yang sangat sederhana yang menarik dan sangat simpel dibuat yang bisa mengalahkan animasiku yang bagus itu?".. Wah dapet pertanyaan seperti itu aku langsung berfikir "yang dikatakan Aan itu bener juga!!!" toh ngapain aku buat sesuatu yang sulit? Lagian kalau kita bisa memaksimalkan sesuatu yang sederhana yang kita punya itukan lebih baik...

Simple make perfect kayaknya itu lebih cocok buat jadi bahan pertimbangan aku... Membuat suatu yang simpel itu nggak sulit tapi kalau kita memaksimalkannya mungkin itu akan menjadi hal yang sempurna, ketimbang dengan sesuatu besar yang kita buat dengan cara yang sulit, yang belum tentu menjadi sesuatu yang sempurna.... Mungkin aku selalu berfikir sesuatu yang rumit itu adalah sesuatu yang hal besar... tapi aku rasa selama ini aku salah.... hal yang terkecil sekalipun adalah seseuatu yang sangat besar apabila kita bisa memberikan sedikit sentuhan yang benar-benar maksimal.... Hal yang kecil selalu aku abaikan mungkin karena aku selalu ingin mendapatkan hal yang besar.. sehingga aku lupa bahwa hal yang terkecil sekalipun bisa membuat aku menjadi besar....

Makasi buat Aan yang sudah ngasi sedikit masukan, walaupun sedikit itu sangat berarti, lagipula bisa membangkitkan semangatku kembali untuk berkarya....^^

No comments: